A Star Is Born; Membaca Akar dan Faktor Depresi Jack Maine

Jack Maine, seorang penyanyi country, yang hidupnya disoraki penggemarnya, tapi di balik itu, ia sendiri penuh dengan kehampaan. Ia rapuh. Musik tak cukup menjadi temannya. Ia candu alkohol.

tumblr_pgzwaaOQVR1vlhsgao2_500

Bertemu dengan Ally, Ia lalu jatuh cinta dan kembali menemukan alasan untuk tinggal di rumahnya. A Star Is Born adalah drama tentang mimpi, tentang hidup, cinta, jatuh dan bertahannya, lalu berakhir dengan kehilangan yang memang selalu menyedihkan.

a_star_is_born

Di akhir cerita, tokoh  Jack berhasil membuat cerita berujung emosi yang tidak karuan. Jack memilih mengakhiri hidupnya. Tanpa diperlihatkan bagaimana caranya, berjalan terhuyung, dengan beban pikiran yang sangat berat, depresi, Jack tidak menghadiri konser perpisahan Ally yang ingin fokus menemani proses rehabilitasi Jack. Di garasi, Jack bunuh diri, meninggalkan Ally yang terlalu mencintai dan berkorban untuk dirinya.

Dengan kehadiran cinta Ally dalam perjalanan hidupnya, lalu apa yang menyebabkan Jack depresi berat sehingga memilih bunuh diri? Apakah kekalahan pamornya oleh pencapaian Ally? Atau ketidaksiapannya menerima Ally yang semakin bersinar ,sementara sebagai penyanyi, kilau Jack meredup.

starisborn-2

Menarik membahas ini. Mari flashback, di awal pertemuannya dengan Ally, di depan supermarket, ketika Ally bertanya pada Jack tentang kehidupannya, Jack membagi masa lalunya. Ibunya meninggal ketika melahirkan Jack. Dibesarkan oleh ayah dengan gangguan mental, pun krisis paruh baya. Sementara, hidup berdua dengan kakak laki-lakinya pun tidak memberikannya kebahagiaan. “Tak tahu siapa yang merawat siapa” Kata Jack.

Tidak ada faktor tunggal penyebab depresi. Depresi adalah kombinasi multi faktor kompleks, antara lain:

  1. Faktor genetik; memiliki orangtua atau saudara yang juga depresi
  2. Faktor biologis; akibat kadar serotonin dalam otak yang tidak mencukupi
  3. Trauma psikis
  4. Pola makan buruk
  5. Memendam emosi, luka masa lalu dan faktor-faktor lainnya.

Melihat Jack, sangat mungkin ia rentan depresi karena faktor genetik dan emosi yang terpendam lama. Bertahun-tahun kekosongan peran penting orangtua tak pernah terganti dan terisi oleh siapapun. Saudara kandung pun tak berperan banyak secara emosional. Hanya punya satu sahabat, kehidupan panggung yang meriah sesaat dan harga diri nya sebagai lelaki yang mau tidak mau ‘melawan’ pencapaian Ally. Sehingga, meskipun Ally sudah hadir dengan cinta, pencapaian dan pengorbanan yang besar, depresi tetap menjadi pembunuh yang bukan saja menghilangkan nyawa Jack, tapi menghitamkan kehidupan Ally setelahnya.

screen-shot-2019-01-18-at-11-46-55-1547813130

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *